Thursday, September 6, 2018

Mengenal Aliran Trance



Musik Trance salah satu  bagian dari aliran musik electronic dance (EDM). Trance pertama kali hadir  pada tahun 1990 tepatnya. Kita bisa mengenal aliran  musik Trance dapat dicirikan dengan cara mendengar banyaknya beat  diantara 130-150 beat dalam tempo 60 detik atau 1 menit. Tentu pada music trance  adanya pengulangan irama melodi, dan bentuk musik yang naik dan turun sepanang lagu. Trance merupakan jenis aliran tersendiri. Dalam trance itu sendiri  terdapat bebagai variasi dari musik electronik seperti misalnya techno, house, pop, chill-out, musik klasik, dan music film.

Aliran music Trance marujuk kepada secara khusus penekanan emosional yang chillhout tentunya. Adapun karakter hampir dari seluruh musik Trance adalah adanya “beat drop ” yang bisa dikatakan lembut di pertengahan lagu yang dimulai dengan pecahnya suara orkestrasi dan memudarnya irama dengan tiba-tiba, sehingga melodi, suasananya, atau salah satunya mengalun sendiri-sendiri untuk beberapa detik sampai beberapa menit. Pada ciri umum trance sendiri kita bisa mendengar suara wanita yang meso-sopran yang menyelimuti suara trance.

Dan trance itu sendiri bisa dikatakan berasal dari Jerman. Jerman   dikatakan sebagai pemulai asal mula trance ketika dilkumandakan di franfrut di awal tahun 1993. Tetapi hal ini juga belum pasti 100% benar karena  dilihat dari penelusuran aliran music,  aliran musik trance ini merujuk pada pasa seorang seniman music Klause Schulze, yang berkonsentrasi pada percampuran musik minimalis dengan irama berulang dan memainkan jenis chord arpeggiated.

No comments:

Post a Comment